MENULIS HURUF ARAB

fauzan

Pokok Bahasan Cara Menulis Huruf Arab

1. Pendahuluan

1.1 Deskripsi singkat

Subpokok bahasan ini berisi pengenalan huruf Arab, cara menulis huruf Arab, cara menyambung huruf menjadi kata

1.2 Relevansi

Materi ini merupakan dasar dari semua upaya mempelajari bahasa Arab. Dengan menguasai subpokok bahasan ini mahasiswa akan dapat membaca dan menulis kata dan kalimat berbahasa Arab

1.3. Standar Kompetensi

Dengan menguasai cara menulis huruf Arab mahasiswa diharapkan mampu membaca dan memahami kata dan kalimat berbahasa Arab

1.4 Kompetensi Dasar

Mahasiswa mampu

a. Mahasiswa mampu untuk mengenal huruf Arab,

b. Mahasiswa mampu menulis dengan huruf Arab

c. Mahasiswa mampu merangkai huruf menjadi kata,

1.5 Indikator

a. mengenal huruf Arab,

b. menulis huruf Arab

c. merangkai huruf menjadi kata,


2 Penyajian

2.1 Uraian

A. Cara menulis huruf Arab

1. Penulisan huruf Arab dimulai dari kanan ke kiri.

2. Jumlah huruf Arab (disebut dengan huruf Hijaiyyah). Huruf ini jumlahnya ada 28 huruf

3. Huruf-huruf itu ada yang dapat menyambung dan disambung, ada yang bisa disambung tetapi tidak bisa menyambung. Masing-masing mempunyai bentuk huruf sesuai posisinya (di depan, tengah, belakang atau terpisah). Di antara huruf-huruf itu terdapat beberapa huruf yang dapat disambung dan menyambung dan beberapa huruf yang hanya dapat disambung.

4. Semua huruf Arab adalah konsonan, termasuk alif, wawu dan ya (sering disebut huruf illat), maka mereka memerlukan tanda vokal (sakal).

B. Huruf Arab dan cara penulisannya

Untuk dapat menulis huruf Arab, maka perlu menguasai huruf-huruf Arab berikut bunyinya. Berikut ini adalah tabel nama huruf Arab beserta letaknya dan bunyinya.

contoh

Di akhir

Di tengah

Di awal

Berdiri sendiri

Bunyi

Nama

ا ا ا

ـــــــا

ـــ

ـــ

ا

-

Alif

بــــبـــب

ـــــــب

ـــبــــ

بـــــــ

ب

b

Ba

تــتــــت

ـــــــت

ــــتـــــ

تـــــــ

ت

t

Ta

ثــــثـــث

ـــــــث

ـــــثــــ

ثـــــــ

ث

ts

Tsa

جـــجــج

ـــــــج

ـــجـــــ

جــــــ

ج

j

Jim

حـــحـــح

ـــــــح

ــــحــــ

حــــــ

ح

ch

Cha

خــخـــخ

ـــــــخ

ـــــخــــ

خــــــ

خ

kh

Kho

د د د

ـــــــد

ـــ

ـــ

د

d

Dal

ذ ذ ذ

ـــــــذ

ـــ

ـــ

ذ

dz

Dzal

ر ر ر

ــــــر

ـــ

ـــ

ر

r

Ra

ز ز ز

ــــــز

ـــ

ـــ

ز

z

Za

ســســس

ـــــس

ـــســـ

ســـــ

س

s

Sin

شــشــش

ـــــش

ــــشـــ

شـــــ

ش

sy

Syin

صــصــص

ــــص

ــــصـــ

صــــ

ص

sh

Shod

ضــضــض

ــــض

ــــضـــ

ضــــ

ض

dh

Dhad

طــطـــط

ــــــط

ــــطـــ

طــــــ

ط

th

Tha

ظـــظـــظ

ــــــظ

ـــــظـــ

ظــــــ

ظ

zh

Zho

عــعــــع

ــــــع

ـــــعــــ

عــــــ

ع

‘ain

غـــغـــغ

ــــــغ

ـــــغـــ

غــــــ

غ

gh

Ghain

فـــفــــف

ــــــف

ـــــفــــ

فـــــــ

ف

f

Fa

قـــقــــق

ــــــق

ـــــقـــ

قــــــ

ق

q

Qaf

كـــكـــك

ــــــك

ــــكــــ

كــــــ

ك

k

Kaf

لـــلــــل

ــــــل

ــــلــــ

لــــــ

ل

l

Lam

مـــمــــم

ــــــم

ــــمــــ

مـــــ

م

m

Min

نـــنـــن

ــــــن

ــــنــــ

نـــــ

ن

n

Nun

و و و

ــــــــو

ـــ

ـــ

و

w

Wawu

هـــهـــه

ــــــــه

ـــهــــ

هــــــ

ه

h

Ha

ـــــــلا

ـــــــلا

لا

l

Lam alif

—-

—-

ء

Hamzah

يــيـــي

ــــــي

ـــــيـــ

يــــــ

ي

y

Ya

C. Cara Menyambung huruf

Di antara 28 huruf hijaiyyah terdapat huruf yang dapat disambung dan menyambung, ada yang dapat disambung tetapi tak dapat menyambung.

Di bawah ini adalah huruf-huruf yang dapat disambung tetapi tak dapat menyambung.

و

ز

ر

ذ

د

ا

Selain enam huruf di atas, semua huruf dapat menyambung dan disambung.

2.2 Contoh

Perhatikan contoh berikut

sambung

pisah

Sambung

pisah

حــــمــــل

ح م ل

ا خــــذ

ا خ ذ

بــــيـــــن

ب ي ن

ســـأ ل

س أ ل

قـــــلـــم

ق ل م

ر ز ق

ر ز ق

نـــــصــــح

ن ص ح

جـــوب

ج و ب

ســــهـــــل

س ه ل

وا حــــد

و ا ح د

كــــــبــــس

ك ب س

ســــر و

س ر و

2.3 Latihan

Gabungkan huruf-huruf lepas pada sebelah kiri

SAMBUNG

LEPAS

SAMBUNG

LEPAS

ر ش د

مُ حَ مَّ دٌ

طَ رِ يْ قٌ

اِ بْ رَ هِ يْ مُ

جَ مِ يْ لٌ

فَ طِ يْ مَ ةٌ

Latihan II

Gabungkan huruf lepas di sebelah kanan dengan huruf-huruf lepas di sebelah kiri

ل ي ه م

ن ز ة

م ك ا ن

ح ي ح

ر ي م

ا

ص

3 Penutup

3.1 Tes Formatif

1. Gabungkan huruf-huruf lepas pada sebelah kiri

SAMBUNG

LEPAS

SAMBUNG

LEPAS

اَ ل رَّ حْ مَ نُ

غَ فُ وْ رٌ

اَ ل رَّ حِ يْ مُ

بُ سْ تَ ا نٌ

كِ تَ ا بٌ

مُ سْ لِ مٌ

2. Gabungkan huruf lepas di sebelah kanan dengan huruf-huruf lepas di sebelah kiri

ل ي ه م

ن ز ة

م ك ا ن

ح ي ح

ر ي م

ع

ج

ك

3. Pisahkan kata berikut atas huruf-hurufnya

No

kata

Huruf lepas

No

kata

Huruf lepas

A

بسـم

D

الـرحيم

B

الله

E

السلام

C

الـرحمن

F

عليكم

3.2 Umpan Balik

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengenal huruf Arab? Dapatkah Anda mengerjakan latihan dengan benar? Cocokkan dengan kunci jawaban.

3.3 Tindak lanjut

Apabila Anda dapat menjawab soal

10 – 50 % : berarti Anda belum mampu menguasai materi. Silakan ulangi lagi dan bertanyalah kepada dosen Anda

50 – 70 % : Anda sudah menguasai, namun masih perlu pengayaan lagi

70 – 100 %: Selamat! Anda sudah menguasai huruf Arab dan cara menggabungkannya. Anda boleh meneruskan pada materi berikutnya berupa tanda-tanda sakal.

3.4 Rangkuman

1. Huruf Arab berjumlah 28 buah disebut huruf hijaiyyah

2. Di antara 28 huruf itu terdapat huruf yang dapat disambung dan menyambung, ada huruf yang hanya dapat disambung tetapi tak dapat menyambung

3.5 Kunci Jawaban tes formatif

1. menggabungkan huruf-huruf lepas pada sebelah kiri

SAMBUNG

LEPAS

SAMBUNG

LEPAS

الـرحمن

اَ ل رَّ حْ مَ نُ

غَفُور

غَ فُ وْ رٌ

الـرحيم

اَ ل رَّ حِ يْ مُ

بستـان

بُ سْ تَ ا نٌ

كِتَابٌ

كِ تَ ا بٌ

مسلـم

مُ سْ لِ مٌ

2. Menggabungkan huruf lepas di sebelah kanan dengan huruf-huruf lepas di sebelah kiri

ل ي ه م

ن ز ة

م ك ا ن

ح ي ح

ر ي م

عليهم

عنزة

عمكان

عحيح

عيم

ع

جليهم

جنزة

جمكان

جحيح

جـيم

ج

كليهم

كنزة

كمكان

كحيح

كـيم

ك

3. Memisahkan huruf

No

kata

Huruf lepas

No

kata

Huruf lepas

A

بسـم

ب س م

D

الـرحيم

ا ل ر ح ي م

B

الله

ا ل ل ه

E

السلام

ا ل س ل ا م

C

الـرحمن

ا ل ر ح م ن

F

عليكم

ع ل ي ك م

DAFTAR PUSTAKA

Susiyanto, Azib. 2002. Kitabiah: Pedoman menulis Huruf Arab dan Al Quran Sistem 5 Jam. Yogyakarta: Pustaka Kitabiah

SENARAI

==== اللغاة العــربيّــة ====

2. Subpokok bahasan Tanda-Tanda Baca

1 Pendahuluan

1.1 Deskripsi singkat

Huruf-huruf hijaiyah tidak akan berbunyi kecuali diberi tanda baca (syakal). Tanda-tanda itu adalah fat-hah (( َ, Kasrah, Dhumah, Tanwin, Sukun, dan Tasydid.

1.2 Relevansi

Dengan menguasai huruf-huruf Arab dan tanda baca, Anda akan dapat membaca kata atau kalimat dalam huruf dan bahasa Arab.

1.3.Standar Kompetensi

Mahasiswa dapat menguasai berbagai tanda baca dan dapat membaca kata/ kalimat dalam huruf Arab

1.4 Kompetensi Dasar

1. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf berharakat fat-hah

2. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf bertanda dhumah

3. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf bertanda kasrah

4. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf bertanda tanwin

5. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf bertanda sukun

6. Mahasiswa mampu membaca dan menulis huruf bertanda tasydid

1.5 Indikator

1. Membaca dan menulis huruf berharakat fat-hah

2. Membaca dan menulis huruf bertanda dhumah

3. Membaca dan menulis huruf bertanda kasrah

4. Membaca dan menulis huruf bertanda tanwin

5. Membaca dan menulis huruf bertanda sukun

6. Membaca dan menulis huruf bertanda tasydid

2. Penyajian

2.1 Uraian

A. Tanda/ Harakat fat-hah (( َ

Harakat fat-hah ditulis di atas huruf (ـــَـــ) menandakan bunyi “a”

Contoh :

Arab

Latin

Arab

latin

اَبَـتَ

Abata

خَــرَصَ

Charasha

سَلَـــمَ

salama

يَفَــعَ

Yafa’a

Perlu diketahui, ada 8 huruf yang berbaris fathah tidak dibaca “a”, tetapi dibaca tebal seperti “o” pada kata bahasa Inggris “for”. Huruf-huruf itu adalah

Dho

ضَ

Sho

صَ

Ro

رَ

Cho

خَ

gho

غَ

qo

قَ

dzo

ظَ

tho

طَ

Khusus bagi huruf ‘lam’ dalam kata jalalah (nama Allah/ الله), maka dibaca ‘o’ seperti bunyi “for” dalam bahasa Inggris. الله = Alloh, bukan Allah.

B. Tanda Kasrah (ـــِــ )

Harakat kasrah ditulis dibawah huruf (ـــِـــ ) menandakan bunyi “I”. contoh:

Arab

Latin

Arab

latin

اِبِــتِ

Ibiti

خِــرِصِ

Chirishi

سِــلِـمِ

silimi

يِِــفِـعِ

Yifi’i

C. Tanda Dhumah (ِــُــ)

Harakat kasrah ditulis di atas huruf (ِــُــ) menandakan bunyi “u”. contoh:

Arab

Latin

Arab

latin

اُبُــتُ

ubutu

خُــرُِصُِ

churushu

سُــلُـمُ

sulumu

يُـفُـعُ

Yufu’u

D. Tanwin (ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )

Adalah bunyi nun sukun (‘n’) pada akhir kata. Tanwin ini ada tiga sebagaimana harakat di atas. Yaitu fat-chah tanwin ( ــًــ ) kasrah tanwin (ــٍــ) dan dhummah tanwin (ــٌــ).

Contoh:

Arab

Latin

Arti

Arab

Latin

Arti

اِبِــلٌ

Ibilun

Unta

حَجَــرًا

Chajaran

Batu

شَجَـرَةٌ

Syajaratun

Pohon

بَقَــرًا

Baqaran

Sapi

قَـــلَمٍ

Qalamin

Pena

جَــرَسٍ

Jarasin

Bel

جَـبَـلٍ

jabalin

gunung

سَمَــكٌ

samakun

ikan

E. Tanda Sukun

Tanda sukun (ْ ) adalah tanda mati yang ditulis di atas huruf yang dimatikan. Contoh

‘abada

عَـــبَـــدَ

Saqafa

سَــــقَـــــفَ

‘abdu

عَـــبْــــدُ

Saqfu

سَــــقْـــــفُ

‘abad

عَـــبَــــدْ

Saqaf

سَــــقَـــــفْ

ab’ad

اَبْــــــعَـــدْ

asqaf

اَ سْــــقَــــفْ

F. Tanda Tasydid

Tasydid (ّ ) adalah tanda huruf rangkap yang ditulis di atas huruf yang dirangkap/ dobel.

Contoh

Salamu

سَــــلَــــــمُ

Alimun

عَـــــلِــــــمٌ

Sallamu

سَـــــلَّــــــمُ

allimun

عَــــــلِّــــــمٌ

Katsirun

كَــثِـــــرٌ

jaharun

جَـــــهَـــــرٌ

Kats-tsara

كَـــثَّـــــرَ

jahharun

جَـــهَّــــــرٌ

3 Penutup

3.1 Tes Formatif

Berilah tanda sakal pada kata di bawah ini sehingga berbunyi seperti kata di sebelahnya

No

Bacaan

Kata Arab

No

Bacaan

Kata Arab

1

Futicha

فتح

6

Shobachun

صباح

2

Kabbara

كـبـر

7

Al-khayra

الخير

3

Bismi

بسم

8

Salaamun

سلام

4

Kayfa

كيف

9

Sallama

سلم

5

Chaaluka

حـالك

10

‘alaykum

عليكم

3.2 Umpan Balik

Bagaimana? Apakah Anda sudah dapat mengerjakan soal dan latihan dengan benar semua? Cocokkan dengan kunci jawaban di belakang

3.3 Tindak lanjut

Apabila Anda dapat menjawab soal

10 – 50 % : berarti Anda belum mampu menguasai materi. Silakan ulangi lagi dan bertanyalah kepada dosen Anda

50 – 70 % : Anda sudah menguasai, namun masih perlu pengayaan lagi

70 – 100 %: Selamat! Anda telah menguasai materi, silakan melanjutkan ke materi berikutnya.

3.4 Rangkuman

3.5 Kunci Jawaban tes formatif

No

Bacaan

Kata Arab

No

Bacaan

Kata Arab

1

Futicha

فتح

6

Shobachun

صباح

2

Kabbara

كـبـر

7

Al-khayra

الخير

3

Bismi

بسم

8

Salaamun

سلام

4

Kayfa

كيف

9

Sallama

سلم

5

Chaaluka

حـالك

10

‘alaykum

عليكم

DAFTAR PUSTAKA

Bawani, Imam. 1987. Tata Bahasa Bahasa Arab Tingkat Permulaan. Surabaya: Al Ikhlas

Rahman, S.A. 2007. Teach Yourself Arabic: a Modern and Step by Step Approach. New Delhi: Goodword Book.

Sukamto, Imaduddin dan Ahmad Munawwari, 2005. Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakara: Nuansa Aksara Group

Susiyanto, Azib. 2002. Kitabiah: Pedoman menulis Huruf Arab dan Al Quran Sistem 5 Jam. Yogyakarta: Pustaka Kitabiah

Tatcher. Arabic Grammar.

==== اللغاة العــربيّــة ====

3. Subpokok bahasan Penulisan Huruf Dan Tanda Tertentu

1 Pendahuluan

1.1 Deskripsi singkat

Pada subpokok bahasan ini Anda akan dijelaskan bagaimana cara menulisbeberapa huruf dan tanda .

1.2 Relevansi

Penulisan huruf dan tanda yang benar sesuai letaknya akan mempermudah cara membaca dan menulis Arab

1.3 Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu menulis huruf dan tanda-tanda sesuai dengan aturan.

1.4 Kompetensi Dasar

a. mahasiswa mampu untuk membaca dan menulis tanda bunyi panjang (mad)

b. mahasiswa mampu untuk menulis dan membaca tanda ta marbutah

c. mahasiswa mampu untuk menulis dan membaca tanda alif maqshurah

d. mahasiswa mampu untuk menulis dan membaca diftong

e. mahasiswa mampu untuk menulis membaca dan menerapkan lam ta’rif

1.5 Indikator

a. membaca dan menulis tanda bunyi panjang (mad)

b. menulis dan membaca tanda ta marbutah

c. menulis dan membaca tanda alif maqshurah

d. menulis dan membaca diftong

e. menulis membaca dan menerapkan lam ta’rif

2 Penyajian

A. Mad/ bunyi panjang

Huruf mad ada tiga yaitu ( و,ا,ي ), bila akan membuat bunyi panjang, kita tinggal menambahkannya saja.

Contoh:

1. Fathah dengan Alif ( ــَـــا ) untuk memanjangkan bunyi “a”

Contoh: باَ بٌ dibaca “baabun”

2. Dhumah dengan Wawu sukun ( ــُـوْ ) untuk memanjangkan bunyi “u”

Contoh نـُــوْرٌ dibaca “nuurun”

3. Kasrah dengan “ Ya sukun” ( ــِِيْ )untuk memanjangkan bunyi “i”

Contoh عَــلِيْمٌ dibaca “aliimun”

B. Ta Marbuthah

Ta’ marbuthah adalah huruf ta berbentuk bulat (ة ) yang apabila dibaca sesuai dengan harakat akan berbunyi ‘ta, ti, tu’, atau ‘tan, tin,tun’. Namun, bila bacaannya dimatikan maka akan berbunyi suara ‘h’ mati. Contoh

جَـــنَّــــةٌ apabila dibaca sesuai harakat berbunyi : Jannatun

Apabila dimatikan berbunyi : Jannah

Latihan:

Sambunglah huruf-huruf lepas pada kolom sebelah kanan, pada kolom sebelah kiri. Tulis pula bunyi bacaan katanya. Perhatikan huruf ‘ta’ marbuthahnya

Bunyi bacaan

sambunglah

lepas

مَ حَ بَّ ةٌ

رَ قَ بَ ةٌ

هُ مَ زَ ةٌ

م ُ سْ لِ مَ ةٌ

مَ دْ رَ سَ ةٌ

C. Alif Maqshurah

Alif Maqshurah adalah huruf alif yang berbentuk huruf ‘ya’ tanpa titik (ى) terletak di akhir kata yang diperlakukan seperti alif mati. Adapun cara membacanya dipanjangkan.

Contoh:

اَلْــفَــتى‘

Al-fataa

الــضُّــحـى‘

Adh-dhuchaa

هُـــوْ دًى

Huudan/ huudaa

D. Diftong

Apabila huruf wawu dan ya sukun terletak setelah harakat fat-chah, dibaca “aw, ay”

Contoh

كَــــوْ كَــــبٌ

Kawkabun

اَلْـــــخَــوْفُ

Al-khawfu

كَــيْــــــــفَ

Kayfa

لَــيْـــلــــــةٌ

laylatun

E. Tanda Alif Lam (ا ل )

1. Al Qamariyah

Untuk menandai kata benda yang tertentu di dalam bahasa Arab digunakan artikel al (ا ل). Al ini harus dilafalkan jelas apabila bertemu dengan salah satu huruf Qamariyah berikut

ءا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه

اَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْــمَــه) )

Contoh:

Al Ardhu

أَلْأ رْ ضُ

أَرْ ضٌ

Alfasiiqu

الفَــسِــيْـــق

فَـسِــيْـــقٌ

Al Bashiiru

اَلْبَـصِــيْــرُ

بَصِــيْــرٌ

Al Aliimu

الْعَــلِــيْــم

عَـلِــيْــمٌ

Al Ghafuuru

اَلْـغَــفُــوْرُ

غَــفُــوْرٌ

Al qadiiru

الْقُــدْ رَ ة

قُـدْ رَ ةٌ

Al Chakiimu

اَلْـحـكِــيْــمُ

حَـكِــيْــمٌ

Al kariimu

الْــكَــرِيْــــم

كَـرِيْــــمٌ

Al Jannatu

الجَــنَّــــةٌ

جَــنَّــــةٌ

Al yawmu

الــيَــوْ م

يَــوْ مٌ

Al Waqtu

الوَقْـــــــةٌ

وَقْـــــــةٌ

Al mawtu

اَلْــمَــوْ ة

مَــوْ ةٌ

Al khairatu

الخَـيْــرَ ةُ

خَـيْــرَ ةُ

Al hamzatu

اَلْـــهُــمَـزَ ة

هُــمَـزَ ةٌ

2. Al Syamsiyah

Apabila al- bertemu dengan salah satu 14 huruf berikut ini, maka bunyi al- hilang menjadi huruf tersebut dengan tanda tasydid (rangkap). Huruf-huruf berikut disebut huruf Syamsiyah.

ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن

Contoh

At-taubah

اَلتّـَــوْ بَــــةٌ

ال

تـَـوْ بَـــةٌ

ت

Ats-tsalitsu

اَلثَّـــا لِـــثُ

ال

ثَـا لِــثُ

ث

Ad-darsu

اَلــدَّ رْ سٌ

ال

دَ رْ سٌ

د

Adz-dzahabu

اَلــذَّ هَــــبٌ

ال

ذَ هَ بٌ

ذ

Ar-rabi’u

اَلـّرَا بِـــعُ

ال

رَا بِـــعُ

ر

Az-zar’u

اَلـــــزَّرْعٌ

ال

زَرْعٌ

ز

As-saadisu

اَ لّسَـا دِ سٌ

ال

سَـا دِ سٌ

س

Asy-syukru

اَلـَّشَـــكُوْ رٌ

ال

شَــكُوْ رٌ

ش

Ash-shabru

اَلـصَّــبـارٌ

ال

صَــبـارٌ

ص

Adh-dha’iifu

اَلضَّـعِـيْــفُ

ال

ضَـعِـيْـفُ

ض

Ath-thalaaqu

اَلـطََّــلاَ قٌ

ال

طَــلاَ قٌ

ط

Adz-dzaliimu

اَلــظََّـلِيْـمٌ

ال

ظَـلِيْـمٌ

ظ

Al-laylu

اَلـَّلَـيْــــلٌ

ال

لَـيْــلٌ

ل

An-nuuru

اَلـــّنُـــوْ رٌ

ال

نُـــوْ رٌ

ن

3 Penutup

3.1 Tes Formatif

1. Sambunglah huruf-huruf lepas pada kolom sebelah kanan, pada kolom sebelah kiri. Tulis pula bunyi bacaan katanya. Perhatikan huruf ‘ta’ marbuthahnya

Bunyi bacaan

sambunglah

lepas

مَ رْ حَ مَ ةٌ

مَ عْ رِ فَ ةٌ

كَ لِ مَ ةٌ

اُ سْ تَ ذَ ةٌ

اِ خْ وَ ةٌ

  1. Gabungkan kata berikut dengan menambahi (ال)

جِدَارٌ

5

سُوْقٌ

1

كِتَابٌ

6

اُسْتَـاذٌ

2

دِيْـوَانٌ

7

بَحْـرٌ

3

صبُوْنٌ

8

مَدِيْنَةٌ

4

3.2 Umpan Balik

Bagaimana? Apakah Anda sudah dapat mengerjakan soal dan latihan dengan benar semua? Cocokkan dengan kunci jawaban di belakang

3.3 Tindak lanjut

Apabila Anda dapat menjawab soal

10 – 50 % : berarti Anda belum mampu menguasai materi. Silakan ulangi lagi dan bertanyalah kepada dosen Anda

50 – 70 % : Anda sudah menguasai, namun masih perlu pengayaan lagi

70 – 100 %: Selamat! Anda telah menguasai materi, silakan melanjutkan ke materi berikutnya.

3.4 Rangkuman

membaca dan menulis tanda bunyi panjang (mad), menulis dan membaca tanda ta marbutah, menulis dan membaca tanda alif maqshurah, menulis dan membaca diftong, menulis membaca dan menerapkan lam ta’rif

3.5 Kunci Jawaban tes formatif

Bunyi bacaan

sambunglah

lepas

Marchamatun

مَرْحَمَةٌ

مَ رْ حَ مَ ةٌ

Ma’rifatun

مَعْرِفَةٌ

مَ عْ رِ فَ ةٌ

Kalimatun

كَلَمَةٌ

كَ لِ مَ ةٌ

Ustaadzun

اُسْتَاذٌ

اُ سْ تَ ذَ ةٌ

Ikhwatun

اَخْوَةٌ

اِ خْ وَ ةٌ

ج ِدَارٌ

5

س ُوْقٌ

1

ك ِتَ ابٌ

6

اُس ْتَ اذٌ

2

دِي ْوَانٌ

7

بَ حْ رٌ

3

ص بُ وْنٌ

8

م َدِيْ نَ ةٌ

4

DAFTAR PUSTAKA

Bawani, Imam. 1987. Tata Bahasa Bahasa Arab Tingkat Permulaan. Surabaya: Al Ikhlas

Rahman, S.A. 2007. Teach Yourself Arabic: a Modern and Step by Step Approach. New Delhi: Goodword Book.

Sukamto, Imaduddin dan Ahmad Munawwari, 2005. Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakara: Nuansa Aksara Group

Susiyanto, Azib. 2002. Kitabiah: Pedoman menulis Huruf Arab dan Al Quran Sistem 5 Jam. Yogyakarta: Pustaka Kitabiah

Tatcher. Arabic Grammar.

SENARAI

==== اللغاة العــربيّــة ====

4. Subpokok bahasan Kaidah Penulisan Hamzah

1 Pendahuluan

1.1 Deskripsi singkat

Pada subpokok bahasan ini Anda akan dijelaskan bagaimana cara menulis hamzah.

1.2 Relevansi

Penulisan hamzah yang benar sesuai letaknya akan mempermudah cara membaca dan menulis Arab

1.3 Standar Kompetensi

Mahasiswa mampu menulis huruf hamzah sesuai dengan aturan.

1.4 Kompetensi Dasar

a. mahasiswa mampu untuk menulis huruf hamzah di awal kata

b. mahasiswa mampu untuk menulis huruf hamzah di tengah kata

c. mahasiswa mampu untuk menulis huruf hamzah di akhir kata

d. mahasiswa mampu untuk menulis huruf hamzah washal

1.5. Indikator

a. menulis huruf hamzah di awal kata

b. menulis huruf hamzah di tengah kata

c. menulis huruf hamzah di akhir kata

d. menulis huruf hamzah washal

2 Penyajian

Kaidah Penulisan Hamzah

A. Hamzah di depan

Penulisan Hamzah di depan ditambah dengan alif (أ)

Contoh:

أَمْـــــرٌ, إِبِــــلٌ, أُمَّـــــــةٌ

B. Hamzah di tengah

1. Hamzah di tengah berharakat sukun/ mati ditulis dengan alif ( ءْ ) apabila terletak setelah harakat fathah (َ ).

Contoh مَـأ وى , فَأ رٌ, رَأْفَــــةٌ

2. Hamzah di tengah berharakat sukun ditulis dengan wawu apabila terletak setelah harakat dlummah. Contoh مُـــؤْمِــنٌ, بُؤْ رَةٌ, يُـؤْكَــلُ

3. Hamzah di tengah berharakat sukun ditulis dengan ya tanpa titik/ nibrah apabila terletak setelah harakat kasrah. Contoh جِـئـــتُ, بِـــئْـــرٌ, شِــــئْتُ

4. Hamzah di tengah berharakat fat-chah (ءَ) ditulis di atas huruf alif, Contoh. ســـــــأل, زَ أَ مَ , تـَــأَ سَ

5. Hamzah di tengah berharakat kasrah ( ءِ)ditulis di atas huruf ya tanpa titik/ ibrah, Contoh: سـَـــئِـــــمَ, حِــيْــنَــئِــذٍ

6. Hamzah di tengah berharakat dlummah ditulis di atas huruf wawu, Contoh: لَـــؤُمَ, دَؤُبَ

7. Hamzah di tengah berharakat fathah ditulis di atas huruf ya tanpa titik. Contoh: خَــطِيـــئَــــةٌ

8. Hamzah di tengah berharakat fathah ditulis di atas huruf ya tanpa titik setelah tanda kasrah, contoh فِـــئَــةٌ, مَــــرِئٌ

9. Hamzah di tengah berharakat fathah ditulis di atas huruf wawu setelah harakat dhummah , contoh يُــؤَخِّــــذُ, مُــــؤَذِّنٌ

10. Hamzah di tengah yang diapit dua mad thabii ditulis sendiri, contoh اِسْــرَاءيْـلٌ, بِـرِاءَةٌ

11. Hamzah di tengah berharakat fat-cah (ــَــ )ditulis di atas wawu (ؤ ) setelah dhummah. Contoh يُــؤَخِّــــذُ, مُــــؤَذِّنٌ

C. Hamzah di belakang

1. Hamzah di belakang berharakat fat-caha ditulis di atas huruf alif setelah fathah, contoh َبـدَأَ, مَسَــأَ

2. Hamzah di belakang berharakat fat-cah ditulis di atas huruf ya tanpa titik setelah kasrah, contoh قُــرِئَ كَفِئَ

3. Hamzah di belakang berharakat fat-caha ditulis di atas huruf wawu setelah dhammah جَــرُؤ, كَلُؤَ

4. Hamzah di belakang berharakat fat-cah, dhummah dan kasrah ditulis sendiri setelah tanda sukun, contoh جُـزْءٌ, اَلْمَـرْءُ

5. Hamzah di belakang ditulis sendiri setelah mad thabii alif dan wawu, contoh السَّمَــاءُ, قُــرُوْءٍ

D. Hamzah Washal

Yaitu huruf alif (ا ) yang terletak setelah huruf wawu, huruf fa ( ف ) dan huruf ba ( ب ) atau huruf, huruf ittishal (ketika dibaca huruf alif tersebut tidak dilafalkan atau diucapkan)

Contoh

بِ + اََللهِ menjadi بِاللهِ

َو + اَللهِ menjadi وَ الله

3 Penutup

3.1 Tes Formatif

Tulislah huruf-huruf di dalam kotak dan sambunglah sesuai dengan kaidah penulisan hamzah

sambunglah

pisah

No

sambunglah

pisah

No

لُ ءْ لُ ءَ

1

شُ رَ كَ ا ءِ

5

اَلْ بِ نَ ا ءُ

2

ب َرَاْ ءَ ةٌ

6

اُ مَّ هَ ا تٌ

3

يَءْ خُ ذُ

7

سُ ءَالٌ

4

تَءْوِيْ لٌ

8

3.2 Umpan Balik

Bagaimana? Apakah Anda sudah dapat mengerjakan soal dan latihan dengan benar semua? Nilailah hasil pekerjaan Anda. Setiap item bernilai 10. Cocokkan dengan kunci jawaban di belakang

3.3 Tindak lanjut

Apabila Anda dapat menjawab soal

10 – 50 % : berarti Anda belum mampu menguasai materi. Silakan ulangi lagi dan bertanyalah kepada dosen Anda

50 – 70 % : Anda sudah menguasai, namun masih perlu pengayaan lagi

70 – 100 %: Selamat! Anda telah menguasai materi, silakan melanjutkan ke materi berikutnya.

3.4 Rangkuman

Penulisan hamzah berbeda menurut posisinya, yaitu di depan, di tengah dan di belakang.

3.5 Kunci Jawaban tes formatif

sambunglah

pisah

No

sambunglah

pisah

No

لُؤْلُؤَ

لُ ءْ لُ ءَ

1

شُـرَكَـاَءِ

شُ رَ كَ ا ءِ

5

اَلْبِنَـأُءُ

اَلْ بِ نَ ا ءُ

2

بَـرَاءَةٌ

ب َرَاْ ءَ ةٌ

6

أُمَّهَــاةٌ

اُ مَّ هَ ا تٌ

3

يَئخُذُ

يَءْ خُ ذُ

7

سُؤَالٌ

سُ ءَالٌ

4

تَاْ وِيْـلٌ

تَءْوِيْ لٌ

8

DAFTAR PUSTAKA

Bawani, Imam. 1987. Tata Bahasa Bahasa Arab Tingkat Permulaan. Surabaya: Al Ikhlas

Rahman, S.A. 2007. Teach Yourself Arabic: a Modern and Step by Step Approach. New Delhi: Goodword Book.

Sukamto, Imaduddin dan Ahmad Munawwari, 2005. Tata Bahasa Arab Sistematis. Yogyakara: Nuansa Aksara Group

Susiyanto, Azib. 2002. Kitabiah: Pedoman menulis Huruf Arab dan Al Quran Sistem 5 Jam. Yogyakarta: Pustaka Kitabiah

Tatcher. Arabic Grammar.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.